JA slide show

Support by :


 

Informasi Profile MI Negeri Demangan

Sejarah Berdirinya Sekolah

Print PDF

Sejarah berdirinya Madrasah

Madrasah Ibtidaiyah (MIN) Demangan merupakan satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah Negeri di kota Madiun yang didirikan sejak tahun 1981. Yang kemudian pada tanggal 21 April 1982 diresmikan oleh Bapak Menteri Agama yang waktu itu adalah Bapak H. Alamsyah Ratu Prawiranegara. Asal mulanya madrasah ini adalah merupakan pindahan dari MIN PSM di Kartoharjo yang beralamat di Jalan Jendral Sudirman 104 Madiun.

Karena proyek gedungnya dibangun di Demangan maka sejak itulah Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Madiun sampai sekarang ini dengan luas krang lebih 900 m2. karena tanah tersebut tanah wakaf dari keluarga besar Bapak Suwadji, kemudian tanah tersebut diproses untuk sertifikat wakaf sampai mendapatkan sertifikatnya.

Pada tahun ini pula proyek bangunan gedung dari Depag pusat turun 1 paket terdiri dari 3 ruang kelas, 1 ruang kantor dan kamar mandi pelaksanaan pembangunannya selesai tahun 1981. pendaftaran kelas satu dimulai tahun pelajaran 1981/1982, di gedung yang baru, sedangkan kelas II – VI masih tetap meneruskan di gedung yang lama yaitu gedung PSM sampai tamat.

Selesai pembangunan 1 paket tersebut, pemborong mewakafkan laba borongnya, dibelikan tanah seluas 955 m2 sampai proses sertifikat tahun 1982. kemudian tahun itu juga dating proyek pembangunan gedung dari pust 1 paket terdiri dari 3 ruang kelas dan 1 ruang kepala sekolah untuk penyimpanan arsip. Dilanjukan tahun 1990 bentuan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1 ruang.

 Berikut adalah nama Kepala Sekolah yang pernah menjabat di MIN Demangan Kota Madiun :

a.       Bpk. Fadli, S.Ag. tahun 1982 – 1992

b.      Bpk. Umar Sahid, BSw 1992 – 2000

c.       Bpk. Mas’ud, S.Ag. 2000 – 2006

d.      Bpk. Bambang Wiyono, S.Ag.M.Pd. April 2006 sampai sekarang

Last Updated ( Monday, 10 March 2014 10:28 )
 

Struktur Organisasi

Print PDF

 

 

 

 

Last Updated ( Monday, 10 March 2014 10:12 )
 

Program Kerja

Print PDF

PROGRAM KERJA

MIN DEMANGAN KOTA MADIUN TAHUN 2013 / 2014

NO

JENIS TUGAS

URAIAN TUGAS

1

Kepala Madrasah

Koordinator dari semua jenis kegiatan madrasah

2

Wakil Kepala

Membantu kepala madrasah dalam mengkoordniasikan seluruh kegiatan

3

Kaur  Kurikulum

1.        Menyusun program kerja bidang kurikulum

2.        Mengatur jadwal pelajaran dan jadwal bimbingan belajar.

3.        Mengatur jadwal piket guru

4.        Mengadakan buku jurnal pembelajaran kelas, mengecek pengisian dan mengarsipnya.

5.        Mengadakan jurnal mengajar guru, mengecek & mengarsipnya

6.        Mengadakan buku piket guru, mengecek dan mengarsipnya.

7.        Mengadakan buku ledger, mengecek dan mengarsipnya.

8.        Koordinator kegiatan lomba bidang akademis.

9.        Koordinator sukses TPA

10.     Koordinator sukses UASBN.

11.     Melaksanakan pengembangan kurikulum

4

Kaur  Kesiswaan

1.        Menyusun program kerja bidang kesiswaan

2.        Melaksanakan Administrasi Kesiswaan ( Buku Induk, Kleper, Mutasi siswa, Dokumentasi prestasi siswa, Daftar siswa miskin  dll )

3.        Koordinator UPBMS

4.        Koordinator kegiatan pendisiplinan siswa : seragam, kehadiran siswa, do’a pagi hari, jamaah sholat Dhuhur, upacara bendera, istirahat siswa dll.

5.        Koordinator kegiatan lomba bidang non akademis

6.        Mengadakan buku penghubung siswa, mengecek dan mengarsipnya.

7.        Mengadakan buku pelanggaran siswa, mengecek pengisian dan mengarsipnya.

8.        Mengadakan buku absensi siswa, mengecek pengisian dan mengarsipnya.

9.        Melaksanakan kegiatan Bimbingan Konseling

5

Kaur Sarana Prasarana

1.        Menyusun program kerja bidang sarpras

2.        Melaksanakan analisis kebutuhan sarpras di awal tahuan

3.        Koordinator pengadaan sarpras

4.        Koordinator perawatan sarpras

5.        Koordinator pemeliharaan sarpras

6.        Melaksanakan administrasi sarpras

6

Kaur SDM

1.        Menyusun program kerja bidang SDM

2.        Melaksanakan analisis kebutuhan peningkatan SDM

3.        Menyusun program pengembangan SDM

4.        Koordinator program pengembangan SDM ( Peer Teaching, Diklat , dll )

5.        Mendokumentasikan bukti phisik pengembangan SDM

7

Kaur Tata Usaha

1.        Menyusun program kerja bidang tata usaha

2.        Melaksanakan kegiatan administrasi umum.

3.        Mengisi papan data madrasah

4.        Melaksanakan  administrasi personalia .

5.        Melaksanakan administrasi keuangan

6.        Melaksanakan administrasi SAKPA dan BMN

7.        Melaksanakan Notulen rapat kerja

8

Kaur Humas

1.        Menyusun program kerja bidang Humas

2.        Melaksanakan  survey / penelitian  kepuasan pelanggan

3.        Menyusun bahan masukan pengembangan madrasah berdasar hasil penelitian / survey

4.        Melaksanakan kegiatan peningkatan Peran Serta Masyarakat.

5.        Koordinator Kegiatan Alumni

9

Wali Kelas

1.        Bertanggung jawab atas terwujudnya kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban dan kenyamanan kelas.

2.        Melaksanakan absesnsi siswa

3.        Menyelenggarakan data siswa : absensi, jadwal piket.

4.        Pembina BP bagi siswa di kelasnya.

5.        Mengisi raport dan menyimpannya.

6.        Mengisi buku penghubung siswa.

7.        Berperan sebagai orang tua bagi para siswa di kelasnya.

8.        Melaksanakan administrasi buku tamu kelas

 

10

Guru

1.        Menyusun silabus

2.        Menyusun program pembelajaran yg dibuktikan dengan RPP

3.        Melaksanakan pembelajaran.

4.        Melaksanakan evaluasi yg dibuktikan dengan buku nilai.

5.        Mengisi buku penghubung siswa.

6.        Mengisi buku jurnal pembelajaran di kelas.

7.        Membuat jurnal mengajar guru.

8.        Mewujudkan pembelajaran yg aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

9.        Melakukan analisis evaluasi belajar siswa

10.     Melaksankan Remidi bagi siswa yang mengalami keterlambatan dalam pembelejaran.

11.     Melaksanakan Pengayaan bg siswa yang cepat dalam pembelajaran.

12.     Melaksanakan tugas tambahan dengan sebaik-baiknya.

13.     Berupaya meningkatkan kemampuan diri.

14.     Memberikan tindakan  bagi siswa yang melanggar tata terbib di kelasnya

11

Laboran MIPA

1.        Melaksanakan inventarisasi lab MIPA

2.        Menyosialisasikan inventaris MIPA kepada guru-guru MIPA

3.        Melaksanakan kegiatan peminjaman inventaris lab MIPA

4.        Melkasanakan kegiatan pengembangan lab MIPA

12

Laboran Komputer

1.        Bertanggung jawab atas terwujudnya kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban dan kenyamanan ruang lab komputer.

2.        Mengatur jadwal penggunaan komputer.

3.        Melakukan perawatan komputer.

4.        Melaksanakan pengembangan Lab Komputer

5.        Operator Website Madrasah

13

Pustakawan

1.        Bertanggung jawab atas terwujudnya kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban dan kenyamanan ruang perpustakaan.

2.        Melaksanakan kegiatan peminjaman buku perpustakaan.

3.        Menerbitkan kartu anggota perpustakaan.

4.        Melaksanakan administrasi perpustakaan.

5.        Melaksanakan pengembangan perpustakaan

14

Petugas UKS

1.        Bertanggung jawab atas terwujudnya kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban dan kenyamanan ruang UKS.

2.        Menyelenggarakan administrasi  kegiatan UKS.

3.        Koordinator kegiatan UKS yg meliputi : Pendidikan, Pelayanan dan lingkungan hidup

4.        Menyediakan kotak PPPK.

5.        Melaksanakan kegiatan PPPK.

15

Bendahara Tabungan

1.        Melaksanakan kegiatan administrasi tabungan siswa.

2.        Mendorong semangat siswa untuk giat menabung.

3.        Melaporkan keuangan tabungan siswa kepada kepala Madrasah setiap bulan.

16

Bendahara Kotak Amal

1.        Melaksnakan kegiatan administrasi uang kotak amal.

2.        Mendorong semangat siswa untuk giat berinfaq.

3.        Melaporkan keuangan kotak amal kepada kepala madrasah setiap bulan.

 

 


PROGRAM KERJA TAHUNAN MIN DEMANGAN

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

 

KURIKULUM

NO

SASARAN MUTU

PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN

PENGUKURAN

WAKTU

PENANGGUNG JAWAB

1

 

 

Revitalisasi  kurikulum

KTSP.

1.   Pembentukan tim revisi kurikulum

2.   Merivisi Kurikulum Madrasah

Tervalidasinya KTSP dengan nilai Baik Sekali

Hasil validasi/Penilaian dari team Mapenda

September 2013

Kepala Madrasah

Kaur Kurikulum

Korbid Litbang

2

Mengembangan silabus mata pelajaran

1.   Sosialisasi penyusunan silabus

2.   Penyusunan silabus mata pelajaran dg menggunakan 7 langkah sesuai panduan penyusunan KTSP

100 % guru menyusun silabus sesuai mata pelajaran yg diajarkan

Jml guru yg menyusun per jml seluruh guru

September   2013

Guru

Kaur Kurikulum

3

 

 

 

Mengembangkan RPP sesuai dengan prinsip pembelajaran PAKEM

1.   Sosialisasi penyusunan RPP yg berprinsip PAKEM

2.   Penyusunan  RPP dari setiap Mata Pelajaran yg sesuai dengan prinsip pembelajaran PAKEM

3.   Pembentukan tim evaluasi RPP

90 persen guru menyusun RPP sesuai dengan Mapel yg diajarkan

Jml guru yg menyusun per jml seluruh guru

September  2013

Guru

Kaur Kurikulum

4

Meningkatkan nilai rata-rata kelas & nilai minimal siswa dalam Ulangan Akhir Semester

1.   Penetapan KKM minimal sebesar 70 untuk seluruh Mata Pelajaran

2.   Verifikasi jurnal harian guru & jurnal kelas

3.   Supervisi pembelajaran

100 % Mata Pelajaran, nilai minimal siswa 70

Jml Mapel yg nilai minimal siswa 70 per jml seluruh Mapel

1 tahun

Kaur Kurikulum

Guru

5

Meningkatkan nilai rata-rata kelas UASBN

1.   Pelaksanaan Bimbingan Belajar Intensif

2.   Penyelenggaraan Try Out UASBN

3.   Sosialisasi penyelenggaraan UASBN & pemantapan psikologi positif siswa dan orang tua

4.   Sistem pembelajaran tutor sebaya

Nilai rata2 UASBN meningkat 3%

Selisih pencapaian per pencapaian th lalu

1 tahun

Kaur Kurikulum

Guru kels VI

 

 

 

 

 

 

 

6

Mengembangkan penilaian berbasis kelas

-          Penyelenggaraan  Ulangan Harian di setiap akhir Kompetensi Dasar ( KD )

100 % guru melaksanakan ulangan harian di setiap akhir Kompetensi Dasar ( KD )

Jml guru yg melaksanakan per jml seluruh guru

Setiap selesai 1 KD

Kaur Kurikulum

Guru

 

 

-          Pembentukan panitia ulangan tengah semester

-          Pelaksanaan Ulangan Tengah Semester

-          Pelaporan hasil ulangan tengah semester

100 % guru melaksanakan UTS sesuai mata pelajaranya

 

Jml guru yg melaksanakan per jml seluruh guru

Terjadwal

Kaur Kurikulum

Guru

 

 

-          Pembentukan paniatia ulangan akhir semester

-          Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester

-          Pelaporan hasil ulangan akhir semester

100 % guru melaksanakan UAS sesuai mata pelajaranya

Jml guru yg melaksanakan per jml seluruh guru

Terjadwal

Kaur Kurikulum

Guru

 

 

-          Pelaksanaan analisis Ulangan Harian

75 % guru melaksanakan analisis ulangan harian

Jml guru yg melaksanakan per jml seluruh guru

1 semester

Waka Kurikulum

Guru

7

Meningkatkan prestasi akademis siswa

1.     Mengikuti berbagai even lomba akademis

2.     MIPA Olimpiad Training Center

3.     Penetapan pembina lomba

4.     Pembinaan peserta lomba

5.     Pengiriman peserta lomba

6.     Pemberian Reward bg pemenang

Minimal 2 kejuaraan di tk Kota dan 1 kejuaraan di tk Propinsi

Kejuaraan yg diraih di bidang akademis : CC, Olimpiade MIPA

1 tahun

Kaur Kurikulum

Korbid bid akademis

8

Meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa

1.   Penetapan target kurikulum baca qur’an

2.   Pelaporan kemajuan baca al qur’an

3.   Program Remidi

4.   Wisuda khatam al Qur’an

 

80 % siswa kelas IV telah mampu membaca Al Qur’an & Mengkhatamkannya

Jml siswa yg khatam Qur’an  per jml siswa ( Dalam kelas IV )

1 tahun

Kaur Kurikulum

Korbid Keagamaan

9

Mengembangan program BK

1.   Revitalisasi program BK

2.   Study banding penyelenggaraan BK

3.   Pelaksanaan program BK

4.   Pelaksanaan administrasi program BK

80 % kasus siswa tertangani dg baik

Jumlah kasus siswa yg tertangani per jml kasus seluruhnya

1 tahun

Waka Kurikulum

Korbid BK

Korbid Litbang

 

KESISWAAN

NO

SASARAN MUTU

PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN

PENGUKURAN

WAKTU

PENANGGUNG JAWAB

1

Meningkatkan prestasi siswa di bidang non akademis

1.   Penyelenggaraan kegiatan Pengembangan Diri

2.   Penetapan pembina lomba

3.   Pembinaan peserta lomba

4.   Pengiriman peserta lomba

5.   Pemberian Reward bg juara

Kejuaraan di tingkat kota minimal 20 kejuaraan

Jml Kegiatan yg diraih

1 tahun

Kaur kesiswaan

Korbid UPBMS

2

Meningkatkan tingkat keimanan dan akhlaqul karimah siswa

1.   Pemantauan sholat & baca Qur’an

2.   Penanaman Aqidah / Akhlaq Pagi hari ( PAP )

3.   Sholat berjamaah Dhuhur

80 % siswa sudah terbiasa menjalankan sholat 5 waktu

Jml siswa yg terbiasa menjalankan per jml siswa kl III - VI

Setiap bulan

Kaur Kesiswaan

Korbid Keagamaan

3

Meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa

1.   Penetapan Tata Tertib Siswa

2.   Sosialisasi tata tertib siswa

3.   Upacara bendera

4.   Pemberian sanksi bg pelanggar tata tertib

Maks 10 % siswa melanggar tata tertib

Siswa yg melanggar per jml siswa seluruhnya

Setiap bulan

Kaur Kesiswaan

Korbid Kedisiplinan siswa

Korbid BK

5

Meningkatkan kesadaran siswa dalam berinfaq

1.   Program infaq itu indah

2.   Pelaporan hasil infaq siswa

Infaq terkumpul 2 juta setiap bulan

 

Jml infaq yg terkumpul

Setiap bulan

Waka Kesiswaan

Korbid Keagamaan

6

Melaksanakan kegiatan administrasi bidang kesiswaan

1.     Analisis jenis administrasi kesiswaan

2.     Pelaksanaan ad kesiswaan

3.     Monitoring administrasi kesiswaan

-        100% adm. kesiswaan terlaksana

-         

Jml adm kesiswaan yg dilaksanakan per jml Jenis adm kesiswaan

1 tahun

Kaur Kesiswaan

Korbid Ad kesiswaan

 

7

Menyelenggarakan Penerimaan Siswa Baru

1.     Pembentukan Panitia

2.     Promosi

3.     Pelaksanaan PMB

4.     Pelaporan

 

Jumlah pendaftar meningkat 10 %

Selisih pendaftar per jml pendaftar tahun lalu

Mei 2014

Kaur Kesiswaan

 

SUMBER DAYA MANUSIA

NO

SASARAN MUTU

PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN

PENGUKURAN

WAKTU

PENANGGUNG JAWAB

1

Meningkatakn profesionalisme guru di bidang penyusunan silabus & RPP

1.       Workshop penyusunan silabus & RPP

2.       Pembentukan tim evaluasi silabus & RPP

80 % guru mampu menyusun silabus & RPP sesuai dg standar proses

Jml Guru yg mampu menyusun  guru seluruhnya

 1 tahun

Kaur SDM

Guru

2

Meningkatkan profesionalisme guru di bidang pembelajaran PAKEM

1.       Peer Teaching

2.       Supervisi pembelajaran

80 % guru mampu melaksanakan pembelajaran PAKEM dg baik

Jml guru yg mampu melaksanakan PAKEM per jml guru seluruhnya

1 tahun

Kaur SDM

Guru

3

Meningkatkan profesionalisme guru di bidang penelitian

1.       Workshop penyusunan PTK

2.       Lomba penyusunan PTK

50 % guru mampu menyusun PTK dengan baik

Jml guru yg mampu menyusun PTK per jml guru seluruhnya

1 tahun

Kaur SDM

Guru

4

Mengembangkan profesionalisme guru di bidang pembelajaran berbasis TIK

1.       Workshop penyusunan media pembelajaran berbasis TIK

2.       Peer teaching

3.       Supervisi pembelajaran

 

50 % guru mampu melaksanakan pembelajaran berbasis TIK

Jml guru yg mampu melaksanakan pembelajaran berbasis TIK  per jml Guru seluruhnya

1 tahun

Kaur SDM

Guru

5

Meningkatkan ketaqwaan & kedisipilinan para guru & tenaga kependidikan

1.       Jamaah membaca surat Yasin & kultum

2.       Absensi berbasis komputer

3.       Pembinaan kinerja

 

95 % tingkat kehadiran guru & tenaga kependidikan

Jml guru & tenaga kependidikan X kehadiran guru per hari efektif X 100 %

Setiap bulan

Kaur SDM

Guru

 

SARANA PRASARANA

NO

SASARAN MUTU

PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN

PENGUKURAN

WAKTU

PENANGGUNG JAWAB

1

Melengkapi Sarana Prasarana Perpustakaan

1.       Analisis kebutuhan sarpras perpustakaan

2.       Pengusulan pengadaan sarpras perpustakaan

3.       Pengadaan sarpras

100 % ketentuan standar nasional sarpras perpustakaan terpenuhi + keterse- diaan  internet

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan + keter - sediaan  internet

Desember 2013

Kaur Sarpras

Pustakawan

2

Melengkapi Sarana Prasarana UKS

1.       Analisis kebutuhan sarpras UKS

2.       Pengusulan pengadaan sarpras

3.       Pengadaan sarpras

 

100 % ketentuan standar nasional sarpras UKS terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

Pembina UKS

3

Melengkapi Sarana Prasarana Ruang Kelas

1.       Analisis kebutuhan sarpras Ruang Kelas

2.       Pengusulan pengadaan sarpras

3.       Pengadaan sarpras

100 % ketentuan standar nasional sarpras ruang Kelas terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

Wali Kelas

4

Melengkapi Sarana Prasarana Ruang Guru

1.       Analisis kebutuhan sarpras Ruang Guru

2.       Pengusulan pengadaan sarpras

3.       Pengadaan sarpras

100 % ketentuan standar  sarpras ruang guru  terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

Waka

5

Melengkapi Sarana Prasarana Ruang TU

1.       Analisis kebutuhan sarpras Ruang TU

2.       Pengusulan pengadaan sarpras

3.       Pengadaan sarpras

100 % ketentuan standar  sarpras ruang TU terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

Kaur TU

6

Melengkapi Sarpras Lab MIPA

4.       Analisis kebutuhan sarpras Ruang Lab MIPA

5.       Pengusulan pengadaan sarpras

6.       Pengadaan sarpras

100 % ketentuan standar  sarpras ruang Lab MIPA terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

Korbid Lab MIPA

7

Melengkapi Sarpras Lab Komputer

7.       Analisis kebutuhan sarpras Lab Komputer

8.       Pengusulan pengadaan sarpras

9.       Pengadaan sarpras

100 % ketentuan standar  sarpras Lab Komputer terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

Korbid Lab Komputer

8

Melengkapi Sarana Prasarana Ruang Pimpinan

1.       Analisis kebutuhan sarpras Ruang Pimpinan

2.       Pengusulan pengadaan sarpras

3.       Pengadaan sarpras

100 % ketentuan standar  nasional sarpras ruang pimpinan terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

9

Melengkapi Sarana Prasarana Toilet

1.       Analisis kebutuhan sarpras Toilet

2.       Pengusulan pengadaan sarpras

3.       Pengadaan sarpras

 

100 % ketentuan standar nasional sarpras Toilet terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

10

Melengkapi Sarana Prasarana Gudang

1.       Analisis kebutuhan sarpras Gudang

2.       Pengusulan pengadaan sarpras

3.       Pengadaan sarpras

 

100 % ketentuan standar nasional sarpras Gudang  terpenuhi

Jml sarpras yg ada per jml seluruh sarpras  sesuai Ketentuan

Desember 2013

Kaur Sarpras

11

Perawatan sarana prasarana yang dibtuhkan

1.       Pembuatan kartu kendali perawatan ruang

2.       Perawatan rutin

3.       Pengecekan secara berkala

 

90 % sarana prasarana pendidikan terawat dengan baik

Sarpras yg terawat per jml sarpras seluruhnya

1 tahun

Kaur Sarpras

 

SUMBER DAYA MANUSIA

NO

SASARAN MUTU

PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN

PENGUKURAN

WAKTU

PENANGGUNG JAWAB

1

 

 

 

Mengembangkan budaya komunikasi yang efektif antar guru, tenaga kependidikan orang tua siswa dan masyarakat

1.      Pengadaan kotak pengaduan

2.      Pengadaan nomor ( HP ) pengaduan

3.      Efektifitas e-mail madrasah

4.      Pencatatan pengaduan / saran

5.      Tindak lanjut pengaduan / saran

 

90 % pengaduan ditindaklanjuti dengan proporsional

Jml pengaduan yg ditindak lanjuti per seluruh jml pengaduan

1 tahun

Kaur Humas

2

Penanganan Survey Kepuasan Pelanggan

1.      Survey kepuasan pelanggan

2.      Analisis hasil survey

3.      Tindak lanjut

Hasil Analisis Survey Skor : Sangat Kurang & Kurang tertangani 100%

Jumlah nilai skor survey ’Kurang & Sangat Kurang’ yang tertangani, dibanding total item ’Kurang & Sangat Kurang’ yang ada

1 tahun

Kaur Humas

 

TATA USAHA

NO

SASARAN MUTU

PROGRAM

INDIKATOR KEBERHASILAN

PENGUKURAN

WAKTU

PENANGGUNG JAWAB

1

Meminimalkan tingkat kerusakan/kehilangan dokumen/arsip

1.     Implementasi Daftar Rekaman Mutu

2.     Pemberlakuan buku peminjaman dokumen/arsip

3.     Pengadaan almari arsip

4.     Program monitoring

Maksimal 3 kejadian dokumen/arsip rusak atau hilang

Jumlah kejadian kehilangan/kerusakan dokumen/arsip di Tata Usaha

6 bulan

Kaur TU

Korbid Administrasi umum

 

2

Percepatan Pelayanan Permintaan Dokumen/Arsip

1.     Implementasi Daftar Rekaman Mutu

2.     Identifikasi Lokasi penyimpanan

3.     Monitoring pelayanan permintaan arsip/dokumen

 

Rata-rata 10-Menit Mulai Pencatatan Permintaan Dokumen/Arsip

Durasi waktu mulai pencatatan permintaan dokumen/arsip sampai dg dokumen /arsip terlayani

Minggu

Kaur TU

Korbid administrasi umum

 

2

Meningkatkan akurasi  laporan pertanggungkawaban keuangan

1.    Pencatatan transakasi keuangan tepat waktu

2.    Monitoring secara berkala

Tinkat kesalahan 0 % dalam penyusunan SPJ keuangan

Kesalahan per seluruh ketentuan SPJ

Setiap ada pemeriksaan

Korbid Keuangan

Tim pengelola keuangan

 

 

 

 PROGRAM  KEBERSIHAN / 7 K

 1.        Pengaturan Petugas Piket Kebersihan Kelas ( di bawah koordinasi dan kepengawasan Wali Kelas )

2.        Penggunaan Kartu Kendali Perawatan Ruang.

3.        Lomba Kebersihan Kelas.

a.        Dilaksanakan 1 bulan sekali.

b.        Bagi kelas yang mendapat juara I , II & III mendapatkan hadiah.

c.        Lomba dilaksanakan / dikoordinasikan oleh Pembina UKS

4.        Program ” Bersih dalam 5 Menit ”

Program ini dilaksanakan setiap hari oleh siswa yang sedang mengikuti pelajaran Penjaskes, dengan ketentuan sebagai berikut :

a.        Dilaksanakan selama kurang lebih 5 menit di awal jam pelajaran Penjaskes.

b.        Dipimpin / dibina oleh guru Penjaskes

5.        Pengelolaan Sampah

a.        Sampah dikelompokkan sesuai dengan jenisnya : Sampah Organik dan Non Organik.

b.        Sampah non organik  dimusnahkan dengan dibakar.

c.        Sampah daun diolah menjadi kompos.

d.        Dalam pengelolaan sampah dibawah tanggung jawab petugas kebersihan dan dapat memberdayakan siswa yang mengikuti jam pelajaran Penjaskes.

6.        Penerapan Punishment

a.        Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan menanamkan kedisiplinan siswa, diterapkan hukuman bagi siswa yang membuang sampah sembarangan.

b.        Program ini di bawah koordinasi waka kesiswaan dan dilaksanakan oleh seluruh Guru / karyawan

 

 

 

PROGRAM PEMBINAAN KEAGAMAAN

 1.        Good Morning Students

Program ini bertujuan :

a.        Program pembiasaaan sikap hormat dan kepatuhan siswa terhadap guru.

b.        Pengenalan kepribadian siswa .

c.        Menunjukkan sikap kasih sayang guru terhadap siswa.

2.        Penanaman Aqidah dan Akhlaq Pagi Hari ( PAP ).

Program ini bertujuan :

a.        Mengenal kepribadian siswa sebgai individu

b.        Menanamkan Aqidah Islamiyah dan Akhlaqul Karimah pada diri siswa.

c.        Pemantauan kebersihan diri siswa.

d.        Menumbuhkembangkan sikap sosial pada diri siswa

e.        Pemantauan sholat lima waktu.

3.        Sholat Dhuha

a.        Program ini dilaksanakan pada jam istirahat I secara bergiliran :

- Senin     : Kelas III

- Selasa   : Kelas IV

- Rabu     : Kelas V

- Kamis   : Kelas VI

      b.  Program ini dibawah pembinaan guru-guru secara terjadwal.

c.  Program ini bertujuan :

- Pembiasaaan siswa dalam melaksanakan sholat Dhuha.

- Meningkatkan ketaqwaan diri siswa terhadap Alloh SWT.

4.        Sholat Jamaah Dhuhur.

a.        Program ini dilaksanakan pada hari Senin s.d. Kamis yang harus diikuti oleh siswa kelas III – VI

b.        Program ini dibawah pembinaan guru-guru secara terjadwal.

c.        Program ini bertujuan :

- Pembiasaaan siswa dalam melaksanakan sholat secara berjamaah.

- Meningkatkan ketaqwaan diri siswa terhadap Alloh SWT.

5.        Peringatan Hari Besar Islam ( PHBI )

a.        Program ini dilaksanakan pada setiap hari besar Islam dibawah koordinasi Waka Kesiswaan dan Waka Kurikulum.

b.        Jenis kegiatan ditentukan oleh team.

c.        Program ini bertujuan meningkatkan ketaqwaan siswa terhadap Alloh SWT.

 

 

 

PROGRAM PENINGKATAN

PROFESIONALISME GURU / KARYAWAN

 1.        Program Peer Teaching

a.        Program ini dilaksanakan 2 minggu sekali pada hari Sabtu jam 12.00 – 13.00 WIB.

b.        Program ini diisi dengan :

-               kegiatan-kegiatan pemecahan masalah yang menyangkut kegiatan pendidikan di madrasah.

2.        Kegiatan peningkatan profesionalisme guru, seperti Diseminasi / penyebarluasan strategi/metode/ teknik pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman.

3.        Mengikutkan guru / karyawan dalam berbagai Diklat yang relevan dengan peningkatan profesionalisme guru.

4.        Pembinaan pembelajaran Bi-lingual.

5.        Pembinaan kemampuan IT para guru

Last Updated ( Monday, 10 March 2014 10:34 )
 

Statistik Perkembangan Siswa

Print PDF

STATISTIK  PERKEMBANGAN  SISWA

EMPAT TAHUN TERAKHIR

 

TAHUN

2010/2011

2011/2012

2012/2013

2013/2014

LAKI-LAKI

321

409

479

546

PEREMPUAN

327

464

598

616

JUMLAH

693

872

1027

1162

 

 

STATISTIK  PERKEMBANGAN

JUMLAH  PENDAFTAR SISWA BARU KELAS I

EMPAT TAHUN TERAKHIR
 
 
 

KEMANA  LULUSAN  MIN  DEMANGAN

TAHUN 2012/2013 MELANJUTKAN

Catatan : Jumlah Lulusan 112 anak

 

 


Last Updated ( Monday, 10 March 2014 10:52 )
 

Kurikulum

Print PDF

K U R I K U L U M

 

Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Demangan, menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang telah disusun bersama seluruh komponen madrasah, dengan mempertimbangkan seluruh potensi yang dimiliki. KTSP dikembangkan dengan menjadikan Islam sebagai ruh dengan mempertajam bidang keilmiahan dalam rangka membentuk pribadi yang berkarakter tegas dalam kebenaran dan memiliki kreatifitas yang tinggi sebagai bekal hidup di tengah masyarakat.

 

A. Standart Kompetensi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah ( MI )

1.    Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak

2.    Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri

3.    Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya

4.    Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya

5.    Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif

6.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik

7.    Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya

8.    Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari

9.    Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar

10.  Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan

11.  Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia

12.  Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal

13.  Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

14.  Berkomunikasi secara jelas dan santun

15.  Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya

16.  Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis

17.  Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan  berhitung

 

A.   Standart Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran

Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) adalah sebagai berikut :

1.   Agama dan Akhlak Mulia

a.             Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak

b.            Menunjukkan sikap jujur dan adil

c.             Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya

d.            Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan

e.             Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya

f.             Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan

2.    Kewarganegaraan dan Kepribadian

a.    Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia

b.    Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya

c.    Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya

d.    Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan

e.    Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri

f.     Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya

g.    Berkomunikasi secara santun

h.    Menunjukkan kegemaran membaca

i.      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

j.      Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya

k.    Menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya lokal

  1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
    1. Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
    2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik
    3. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
    4. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
    5. Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
    6. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan  berhitung
    7. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

4. Estetika

Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal

5.  Jasmani, Olah Raga,  dan Kesehatan

a.            Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang

b.            Mengenal berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang

 

 

   C. Struktur Kurikulum

                    Sturuktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang haruis dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan bedasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

                        Struktur kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas satu sampai dengan kelas enam. Struktur kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Kurikulum MIN Demangan  memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada tabel .

   Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.

            Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajatran yang harus diasuh oleh guru.

            Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai kondidi sekolah. Kegitan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.

2.  Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada MI merupakan ” IPA terpadu” dan ” IPS Terpadu.

3.  Pembelajaran pada kelas I s.d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.

4. Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran perminggu secara keseluruhan.

5.  Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.

     Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 39  minggu.

 


Adapun struktur kurikulum yang digunakan di MIN Demangan  adalah sebagai berikut :

 

 

KOMPONEN

Kelas & Alokasi  Waktu

Kls I

Kls II

Kls III

Kls IV

Kls V

Kls VI

Sm1

Sm2

Sm1

Sm2

Sm1

Sm2

Sm1

Sm2

Sm1

Sm2

Sm1

Sm2

A. Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     1. Pendidikan  

Agama  Islam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

         a. Qur’an Hadits

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

         b. Aqidah Akhlaq

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

         c. Fiqih

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

         d. SKI

-

-

-

-

2

2

2

2

2

2

2

2

     2. Pendidikan

 Kewarganegaraan

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

2

     3. Bahasa Indonesia

4(6)

4(6)

4(6)

4(6)

4(6)

4(6)

5(6)

5(6)

5(6)

5(6)

5(6)

5(6)

     4. Bahasa Arab

-

-

-

-

2

2

2

2

2

2

2

2

     5. Matematika

4(6)

4(6)

4(6)

4(6)

4(6)

4(6)

5(6)

5(6)

5(6)

5(6)

5(6)

5(6)

     6. Ilmu Peng Alam

3

3

3

3

3

3

4(5)

4(5)

4(5)

4(5)

4(5)

4(5)

7.    Ilmu Peng.

          Sosial

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

3

8.    Seni Budaya

Ketrampilan

3

3

3

3

3

3

4

4

4

4

4

4

9.    Pendidikan Jasmani,          Olahraga   & Kesehatan

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

4

B. Muatan Lokal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     a. Bahasa Inggris

1

1

1

1

2

2

3

3

3

3

3

3

     b. Bahasa Jawa

-

-

-

-

1

1

1

1

1

1

1

1

     c. Komputer

1

1

1

1

2

2

2

2

2

2

2

2

     d. BTA

6

6

6

6

3

3

 

 

 

 

 

 

C. Pengembangan Diri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     a. Pelayanan Konseling

1

1

1

1

1

1

 

 

 

 

 

 

     b. Ibadah Praktis

 

1

1

1

1

1

1

 

 

 

 

 

 

     c. Bimbingan Belajar Intensif

 

 

 

 

 

 

 

 

4

4

6

6

     Kegiatan Ekstra Kurikuler

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

2*)

     a. Band

     b. Kelompok Ilmiah Anak

     c. Olimpiade Training  Center

     d. Drum Band

     e. Seni Hadroh

     f. Seni Baca Qur’an

     g. Pramuka

     h. Seni Teater

     i. Seni Lukis

     j. Bola Volly

     k. Bola Basket

Jumlah

46

46

46

46

48

48

49

49

52

52

54

54

            *) Ekuivalen  2  jam pembelajaran

Catatan :

1.    Untuk Bhs Indonesia, matematika, dan  IPA  diberi tambahan alokasi waktu mengingat mata pelajaran tersebut merupakan mata prlajaran yang akan di UASBN--kan.

 

     D. Pengaturan Beban Belajar

 

Satuan pendidikan MI menggunakan sistem paket. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang ditetapkan MI. Beban belajar setiap mata pelajaran pada Sistem Paket  dinyatakan dalam  satuan jam pembelajaran.

Beban belajar dalam satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui (1) sistem tatap muka, (2) penugasan terstruktur, dan (3) kegiatan mandiri tidak terstruktur. Pengaturan beban belajar dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik, kondisi madrasah, sumber dana dan sumber daya madrasah. Adapun  pengaturan beban belajar di MIN Demangan kota Madiun  adalah sebagai berikut:

1.    Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran  berlangsung selama 35 menit.

2.    Beban belajar kegiatan tatap muka per minggu :

a.       Kelas I s.d. III adalah 46 s.d. 48 jam pembelajaran.

b.      Kelas IV s.d. VI adalah 49 s.d 54 jam pembelajaran.

 

Satuan Pendidikan

Kelas

Satu jam pemb. tatap muka (menit)

Jumlah jam pemb. Per minggu

Minggu Efektif per tahun ajaran

Waktu pembelajaran jam/pertahun

Ket

MI

I

 

35

46

39

1794

pembelajaran

 

II

 

35

46

39

1794

pembelajaran

 

III

 

35

 

48

39

1872

pembelajaran

 

IV

 

35

49

39

1911

pembelajaran

 

V

 

35

52

39

2028

pembelajaran

 

 VI

35

54

39

2106

pembelajaran

 

 

         Tabel  Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka Keseluruhan untuk MIN Demangan.


 1.   Beban belajar Penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur bagi peserta didik pada MI N Demangan maksimum 40 % dari jumlah waktu kegiatan tatp muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.

a.    Beban belajar kegiatan tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tidak tertsruktur setiap mata pelajaran ditetapkan 15 menit .

b.    beban belajar ekegiatan tatap muka perminggu MI :

1.   Kelas I s/d III adalah 11 sampai dengan 13 jam pembelajaran .

2.   Kelas IV s/d VI adalah 14 sampai dengan 16 jam pembelajaran.

               Beban belajar yang diatur pada ketentuan ini adalah beban belajar sistem paket pada jenjang pendidikan dasar. Sistem Paket adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum yang belaku pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran pada sistem paket dinyatakan dalam satuan jam pembelajaran.

               Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan struktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan tingkat perkembangan peserta didik.

               Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muak per jam pembelajaran pada Madrasah Ibtidaiyah berlangsung selama 35 menit.

               Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang rancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.

               Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi.

               Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur untuk Madrasah Ibtidaiyah Negeri Demangan maksimum 40 % dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.

  1. Muatan Lokal

1. Konsep dan sifat Muatan Lokal

Muatan lokal disini dimaksudkan untuk mengembangkan  potensi yang ada di MIN Demangan dalam rangka  upaya peningkatan mutu pendidikan guna  menyiapkan peserta didik untuk memasuki bahasa global dan teknologi informasi. Selain itu muatan lokal ini juga sebagai upaya pelestarian bahasa daerah yang berbasiskan kebudayaan dan kesenian daerah Jawa Timur serta membekali siswa dengan jiwa yang memiliki kecintaan terhadap Al Qur’an sebagai sumber hukum Islam.

Muatan lokal disini bersifat wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa sesuai dengan ketentuan yang ada.

 2.    Mata Pelajaran Muatan Lokal

Macam-macam muatan lokal yang dikembangkan di MIN demangan adalah sebagai berikut :

a.       Bahasa Daerah (Jawa) sebagai upaya mempertahankan nilai-nilai budaya (Jawa) masyarakat setempat dalam wujud komunikasi dan apresiasi sastra. (diberikana di kls 3-6. wajib diikuti setiap siswa)

b.      Pendidikan Bahasa Inggris sebagai upaya untuk mengenalkan berbagai bahasa dalam masyarakat global (di berikan pada klas 1-6. dan wajib diikuti oleh semua siswa ) 

c.       Pendidikan Komputer sebagai upaya untuk mengenalkan pentingnya mengenal dan menggunakan alat teknologi (komputer) dalam abad global (di berikan pada klas 1- 6 dan wajib diikuti  oleh semua siswa )

d.      Pendidikan baca tulis al Qur’an, do’a sehari-hari, surat pendek, ayat-ayat pilihan dan ibadah praktis yang dikemas dalam Taman Pendidikan Al Qur’an ( TPA )

e.       Perpustakaan sebagai paya menumbuhkan membudayakan membaca pada diri siswa , dimana membaca merupakan kunci utama dalam membuka wawasan akan ilmu pengetahuan.

  Pemilihan Mata Pelajaran Muatan local diatas, selain disesuaikan dengan kebutuhan dan rasionalisasi di atas, juga telah dipertimbangkan dengan kemampuan Madrasah baik dari segi sarana prasarana maupun Sumber daya Manusia yang ada di MIN Demangan. .

        3. Standar Kompetensi Lulusan  ( SKL ) Mata pelajaran Muatan Lokal

a. Bahasa Jawa :

                Mendengarkan

          Memahami instruksi, informasi dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara

           lisan dalam kontek kelas, sekolah dan lingkungan sekitar

                Berbicara

           Mengungkapkan makna secara lisan dalam wawancara interpersonal transaksional

           sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas dan

           lingkungan sekitar

                 Membaca

           Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi informasi, teks fungsional

            pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara

            tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar.

                Menulis

           Menuliskkan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan

           huruf latin dan huruf Jawa dan tanda baca yang tepat.

 

          b.  Bahasa Inggris :

      

          Mendengarkan

          Memahami instruksi, informasi dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara

           lisan dalam kontek kelas, sekolah dan lingkungan sekitar

                Berbicara

           Mengungkapkan makna secara lisan dalam wawancara interpersonal transaksional

           sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas dan

           lingkungan sekitar

          Membaca

           Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi informasi, teks fungsional

           pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederhana yang disampaikan secara

           tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar.

          Menulis

           Menuliskkan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan

           ejaan dan tanda baca yang tepat.

      c. Pendidikan Komputer :

     - Mampu mengenal dan mengoperasikan program Microsoft Word

     - Mampu mengenal dan mengoperasikan program Microsoft  Excel

     - Mampu mengenal dan mengoperasikan program Power Point

     - Mampu mengenal dan mengoperasikan program Internet

     d. Taman Pendidikan Al Qur’an ( TPA )

    - Akhir kelas 3, siswa mampu membaca Al Qur’n dengan baik dan mengkhatamkannya

    - Mampu menghafal do’a sehari-hari

    - Mampu menghafal minimal 15 surat pendek & ayat pilihan

    -  Mampu mengerjakan ibadah praktis ( sholat, puasa, zakat ) dengan baik dan benar

 

  1. Kegiatan Pengembangan Diri

1.    Konsep dan Sifat Kegiatan Pengembangan Diri

Kegiatan pengembangan diri di MIN Demangan  dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri dalam beradabtasi dengan lingkungan sekolah, teman, keluarga dan masyarakat sekitarnya yang lebh luas, meningkatkan potensi terhadap kebutuhan belajar, mengembangkan potensi bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi dan kemampuan madrasah dalam rangka mencapai visi dan misi madrasah.

 

Kegiatan Pengembangan diri dilaksanakan melalui kegiatan ektrakurikuler dan bersifat pilihan, dalam arti setiap siswa wajib mengikuti kegiatan pengembangan diri sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kegiatan pengembangan diri, tidak termasuk dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling, kegiatan pembiasaan , Bimbingan Belajar Intensif dan Pranuka  yang merupakan program pengembangan diri wajib.

2.    Bentuk dan Sasaran Kegiatan Pengembangan Diri

Ruang linkup pengembangan diri meliputi:

a)    Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

b)    Kesadaran mengikuti aturan

c)    Kesadaran akan adanya hal yang rinci

d)    Kesadaran akan kemandirian

e)    Kesadaran untuk bersosialisasi

f)     Kesadaran untuk mengembangkan panca indera

g)    kesiapan menuju kematangan

h)    pengorganisasian tugas-tugas fisikal sehari-hari

i)      Kematangan untuk melakukan aktifitas dalam suasana normal

j)      kemampuan ketrampilan hidup yang dasar

k)    Ketrampilan sosial

l)      Ketrampilan mengelola perasaan

m)  Ketrampilan mengelola agresifitas

n)    Ketramplan mengelola stress

o)    Ketrampilan merencanakan

p)    Ketrampilan memecahkan masalah

q)    Ketrampilan pengembangan diri

 Adapun bentuk-bentuk kegiatan pengembangan diri yang dikembangkan di MIN Demangan adalah sebagai berikut :

1.    Pelayanan Konseling

Layanan konseling ini akan dilakukan oleh BP dalam bentuk pelayanan berupa :

a.    Bimbingan bersosial dan adaptasi dalam lingkungan belajar/madrasah

b.    Bimbingan meningkatkan kemampuan belajar

c.    Konseling Masalah kesulitan belajar peserta didik

d.    Konseling Masalah dalam kehidupan sosial peserta didik

Sasaran dari pelayanan konseling ini adalah semua siswa mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI.

2.    Pramuka

Tujuan dalam pramuka adalah :

a.    Sebagai wahana bagi peserta didik mengembangkan jiwa kepanduan, cinta tanah air, berorganisasi.

b.    Melatih peserta didik untuk terampil dan mandiri.

Sasaran dari kegiatan pramuka ini adalah kelas III - V.

3.    Seni Baca Al-Qur’an

Tujuan dari diadakannya seni baca Al-Qur’an adalah :

a.    Menghargai dan menghormati kitab sucinya.

b.    Menumbuhkembangkan sifat cinta terhadap agama khusuanya pada kitab Suci Al-Qur’an.

c.    Melestarikan budaya islami.

Sasaran kegiatan ini adalah kelas III s.d  kelas V.

4.    Seni Musik Hadroh Modern

Tujuan seni musik adalah :

a.    Melestarikan budaya Islam.

b.    Memberikan bekal kecakapan hidup berupa seni qosidah.

c.    Menumbuhkembangkan sifat cinta terhadap budaya Islam.

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas VI.

5.    Drum Band

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

a.    Menumbuhkan sifat cinta tanah air.

b.    Menumbuhkan sifat patriot pada peserta didik.

c.    Melestarikan budaya modern.

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas II s.d VI.

6.    Olimpiade Training Center

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

a.    Mempersiapkan peserta didik untuk menjadi tutor sebaya di kelasnya masing-masing.

b.    Malatih memecahkan masalah yang berat.

c.    Mempersiapkan siswa untuk mengikuti olimpiade yang diadakan pemerintah atau perguruan tinggi.

Sasaran dari kegiatan ini adalah 10 siswa terpandai bidang kelompok mata pelajaran.

7.    Pendidikan Kesehatan Sekolah (PKS)

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

a.    Mempersiapkan peserta didik untuk peduli terhadap kesehatan sekolah dan orang lain.

b.    Menjadi garda terdepan terhadap kedisiplinan anak.

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas V.

8.    Olah raga : Sepak Bola, Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Bola Basket

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

a.        Mengembangkan bakat peserta didik di bidang olah raga.

b.        Membiasakan pola hidup sehat jasmani dan rohani.

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas VI.

9. Teater

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

                                     a.      Mengembangkan bakat peserta didik di bidang bermain peran.

                                     b.      Melatih jiwa social siswa

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas VI.

10. Seni Musik Band

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

a.    Mengembangkan bakat peserta didik di bidang seni musik.

  1.  
    1. Melatih jiwa untuk peka terhadap permaslahan

Sasaran dari kegiatan ini adalah kelas III s.d kelas VI.

11.  Kegiatan Pembiasaan yang terdiri dari :

  1.  
    1. Good Morning Students
    2. Everyday with Qur’an
    3. Sholat Dhuha
    4. Sholat Dhuhur berjamaah
    5. Infaq itu indah
    6. Pemantauan Sholat 5 waktu dan baca al Qur’an
    7. Penanaman Aqidah / Akhlaq Pagihari
    8. Hafalan Juz Amma & Asmaul Husna

Adapun tujuan dari kegiatan pembiasaan ini untuk menumbuhkan dan mengembangkan perilaku Islami sejak dini dalam rangka membentu generasi yang Robbani sesuai dengan visi – misi MIN Demangan.

12.  Bimbingan Belajar Intensif

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih memotivasi belajar siswa guna mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional dg sasaran siswa kelas V/ VI.

 

 

Last Updated ( Monday, 10 March 2014 10:36 )
 
  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  Next 
  •  End 
  • »
Page 1 of 2

Login Register

Login
Register

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday3553
mod_vvisit_counterYesterday3282
mod_vvisit_counterThis week23944
mod_vvisit_counterLast week48032
mod_vvisit_counterThis month120862
mod_vvisit_counterLast month105052
mod_vvisit_counterAll days229118
We are offline

Newspaper

Layanan Informasi masukan kritik dan saran

0351 8002714 Bapak Imam Muhdi (HUMAS)